Selasa, 20 Januari 2015

2565 Mdpl




“Ocoy bangun, yoh ndaki!” BBM dari temen depan kamar gua...
Karena gua sebel semalem ngrengek-ngerek ikut kagak diizinin (diizinin si, tapi disuruh cari temen karena gua gak ada boncengan), ya udah gua bales;
 “(*emot tinju) ndaki-ndaki aje sono! Pake pamer segala lagi ni bocah. (*emot bertanduk)”
1 menit kemudian,,, drut,,, druuuut,,,, *anggap saja ini getar HP gua
“ayo bangun coy, ikut gak loe! Buruan mandi!”
Langsung lah gua buka pintu kamar dan tereak-tereak “jadi.... gua boleh ikut ni? Boncengan sama siapa dong?”
Usut punya usut salah satu anggota tim mereka ada yang mengundurkan diri gak ikut naik gunung, soo gua deh yang gantiin.
Gunung tujuan kita kali ini adalah gunung yang terletak di ketinggian 2565 Mdpl di daerah Dieng, Wonosobo, yups... gunung Prau. Di masa itu memang lagi musim banget mendaki gunung-gunung pendek, begitu juga kita-kita yang ngikut-ngikut tren biar dibilang anak gahhoL kekinian.
Next Story....
Langsung saja gua mandi dan mempersiapkan apapun yang harus di bawa untuk naik gunung, dari SB, jas hujan, matras, obat dan tetek mbengek yang berhubungan sama mulut dan perut. Pokoknya mah waktu itu gua kerja ekstra cepat, gimana enggak jam 07.00 WIB gua baru diajak ndaki dan satu jam setelahnya harus sudah kumpul di kostnya Tim Leader, bayangi aja tuh kayak gimana gua mempersiapkan semuanya. 08.15 WIB kita bertiga sampai ke kostnya si Leader (*duh siapa ya namanya? Lupa,,, gak temen gua sih). –nunggu anggota lain, ternyata kita kepagian kumpulnya (*padahal kita udah telat 15 menit dari jadwal yang disepakati, tahu laaah Indonesia tanah air beta)

10.00 WIB berdo’a dan cus Dieang #naekmotor #pelan_pelanAja #dariSemarang #sempetmampirmakandiWonosobo #isibensindanSholadjuga
“Kawasan Dieng Plateau” huaaa nyampek Dieang ma meeen,, “welcome to Dieng” beeeer dinginnya masyaAllah.
Sekitar jam 15.00 sampailah kita ke basecamp gunung Prau, gak ngerti basecampnya namanya apa yang jelas kiri jalan, bangunan depan ada tempat servis diesel bagian belakang ya si basecampnya itu... banyak para pendaki yang telah lebih dulu menaklukkan gunung Prau, mereka lagi istirahat disana, mungkin mereka lelah menghadapi medan gunung prau.
Setelah sholad asar, mungkin sekitar jam 16.00 Tim kami mulai mendaki gunung Prau,,, puncak,,,puncak,,,puncak....
Sebelum mendaki gua sempet beli gorengan dulu (maklum gua orangnya banyak makan, tapi aneknya gak gemuk-gemuk), pas beli gorengan gua sempet tu nanya-nanya sama warga “bapak, ini kalau naik butuh berapa jam ya bisa nyampek puncak?”
 Kata beliau “kalau warga sini 30 menit juga nyampe pucak mbak”.
– Mikir, gunung apaan 30 menit nyampek puncak, mana tantangannya coba?.
Gegara ngeliat gua mlongo, bapaknya melanjutkan jawabannya “Tapi kalau buat orang awam mah biasanya 2 jaman mbak ayu, paling kalau mbaknya naik sekarang sampai puncak abis magrib, kalau orang sini kan naiknya sambil lari jadinya 30 menit sampai”.
“Oh gitu ya pak, berarti saya naik sekarang aja ya pak,,, Tadi udah banyak belum pak yang udah naik?”
“sudah banyak mbak, paling 200san orang lah mbak” jawab si bapak
Terkaget-kaget lah gua denger banyaknya pendaki “apa... 200!! Hah gak dapet tempat ngecam dong pak saya!
“ada mbak... di atas tempat ngecamnya luas kok mbak” jawab bapaknya santai
“owalah, ya udah pak... saya tak naik dulu ya pak, biar magrib bisa sampai puncak dan bisa dapet tempat buat ngecam” –nyelonong pergi sambil makan gorengan
“enggeh mbak, monggo-monggo,,, hai-hati mbak”
Wuuuuuh medannya keren bro,,, gak ngerti kita udah break berapa kali, padahal belom sampai pos 1. Sumpah bener-bener ngak nyangka, ajegile dah pokoknya... kombinasi dari medan yang menanjak, debu dan angin tambah satu lagi sendal yang udah aus.... udah gak keitung gua terpelesat, dan harus didorong dari belakang gegara sendal gua yang sudah super duper alus sealus-alusnya.
Ada beberapa medan yang kita harus benar-benar menggantungkan nyawa kita pada seutas tali, dan loe musti nyakin tali itu akan menyelamatkanmu *padahal gua juga gak yakin waktu itu, talinya kayak rapuh gitu, tapi alhamdulillah semua baik-baik saja.


Kita berenam sebenarnya, tapi setelah jalan kita menjadi 3 tim.... 2 anggota sudah jauh didepanku dan 2 anggota lainnya masih jauh di belakangku, tinggallah gua dan temen kost gua di tengah.
Mentari sudah mulai kembali ke peraduannya -gua dan partner gua masih berusaha menapaki jalur pendakian yang super duper kece abis... tanpa senter. Muncullah ide gokil dari kita berdua, Tepe-tepe lah kita dengan tim pendaki lain suruh mereka nyenterin jalan kita sampai pucak wkwkwkwk pinter kan kitaaa.
Ada kejadian lucu ni pas kita mendaki, temen gua lupa gak pake sabuk (gesper) jadi tiap beberapa detik dia harus naikin celananya. Dan ternyata ada mas-mas yang mengamati temen gua itu, lama-kelamaan masnya bilang “ satu... dua... tiga... berhenti! naikin celana!”
Sontak temen gua kaget kan tu, dan noleh kebelakang dengan muka dibego-begoin terus mringis.....
“makannya pake gesper mbak!” kata masnya sambil ketawa
Sambil malu-malu bego temen gua bilang “hehehe lupa mas gak bawa gesper”
“nih pake punya gua! Tapi jangan lupa dibalikin!” sambil nyopot gesper dari celanya...
Temen gua awalnya si rada belagu, belagak nolak-nolak... tapi tetep aja di ambil tu gesper. Dan kita dibuat bingung gimana cara balikin tu gesper, gua sama temen gua lupa muka masnya, gak gerti tendanya sebelah mana, gak ngerti namanya apa lagi nomor hapenya... Cuma inget satu “masnya pake baju ijo”. Untung aja ketemu sama masnya di depa basecam keesokan harinya, kayaknya masnya sengaja nungguin gespernya deh hahaha...
Gua juga masuk dalam kategori orang gak tahu malu si, waktu udah sampai di puncak kita bingung kan mau kemana secara kita pisah dengan rombongan. Jadinya kita memutuskan untuk nemeng dulu sama mas-mas yang nemenin kita naik tadi, yang minjemin gesper temen gua juga termasuk dalam rombongan mereka. Pas nungguin mereka bikin tenda, tiba-tiba gua ngerasa laper tuh... neplos lah gua “duh lapeer... adakah yang berbaik hati memberiku makan” –muka polos. Salah satu dari mereka ada yang manggil “mbak Sutiyem nih tangkap!” waaah sari roti rasa choclat... yummy.... “wah jan wong ngapak panci apikan ya... enek banyu sisan ra mas?” ceplos gua lagi.
Sambil meneruskan membuat tenda “kui mah jenenge ngrampok mbak!” –setelah itu saya dan teman saya sibuk makan roti sambil menunggu temen kita yang masih dibelakang dan mereka sibuk bangun tenda.
Ok lanjut,,,
Anggap saja kita sudah bertemu dengan tim kita... enam orang gak kurang dan gak nambah. Anggap saja kita sudah bangun tenda, padahal bangun tenda ada sampek berjam-jam lamanya sampek terjadi pertengkaran batin juga *oke lupakan. Anggap saja kita sudah masak, sudah makan dan sudah tidur...
Dan Anggap saja sekarang sudah pagi.... apa yang kita cari di puncak? Yups sunrise,,, dengan segala hamparan yang terdapat di ketinggian, antara birunya langit, hijau pepohonan dan rerumputan bahkan butihnya awan. Sayang sekali sampai dengan jam 07.00 pagi matahari masih enggan menampakkan diri, cuacapun sedang kurang bersahabat. Selain kabut juga badai.





Takut badai semakin menjadi-jadi, kami segera mengemas barang-barang dan segera turun.
Sebelum meninggalkan puncak, kubisikkan kalimat dalam hati

“Suatu saat aku akan kembali dan menikmati sunrisemu Prau! Dengan tim yang sama maupun dengan tim yan berbeda. Terbitnya mentari akan beriringan dengan lantunan surat Ar-Rahman yang terucap dari mulutku atau mungkin malah dari mulut suamiku.” 

Sampai jumpa lagi MT. Prau, Sampai jumpa pasar di atas puncak... hahaha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar