Selasa, 24 Juni 2014

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air. udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.

Pencemaran terhadap lingkungan dapat terjadi dimana saja dengan laju yag sangat cepat, dan beban pencemaran yang semakin berat akibat limbah indutri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat.
pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi: 
pencemaran air
pencemaran udara
pencemaran tanah
pencemaran logam berat
pencemaran suara
Kerusakan pada lingkungan hdup terjadi karena dua faktor baik faktor alami ataupun karena tangan-tangan jahil manusia. Pentingnya lingkungan hidup yang terawat terkadanag dilupakan oleh manusia, dan hal ini bisa menjadikan ekosistem serta kehidupan yang tidak maksimal pada lingkungan tersebut. 

Upaya pelestarian lingkungan hidup, antara lain bisa dilakukan dengan cara:
 penanaman kembali hutan yang gundul
pencegahan terhadap buang sampah dan limbah disembarang tempat
pemberian sanksi terhadap pelaku pencemaran lingkungan
menghentikan eksplotasi sumber daya alam secara berlebihan
peningkatan kesadaran dapat masyarakat akan pentingnya kelestarian tanah, air, udara dan lingkungan
Jenis Pencemaran Lingkunga
Pencemaran Air
Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari, secara tidak sengaja telah menambah jumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemar air. Misalnya pembuangan detergen ke perairan dapat berakibat buruk terhadap organisme yang ada diperairan. 
Bahan-bahan kimia lain, seperti pestisida atau DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) yang sering digunakan oleh petani untuk memberantas hama tanaman juga dapat berakibat buruk terhadap tanaman dan organisme lainnya. apanila didalam ekosistem perairan terjadi pencemaran DDT atau pestisida, aka terjadi aliran DDT. 

Pencemaran Tanah
Tanah merupakan tempat hidup berbagai jenis tumbuhan dan makhluk hidup lainnya termasuk manusia. kualitas tanah dapat berkurang kaena proses erosi oleh air yang mengalir sehingga kesuburannya akan berkurang. delain tu menurunnya kualitas tanah juga dapat disebabkan limbah padat yang mencemari tanah. 
Menurut sumbernya, limbah padat dapat berasal dari sampah rumah tangga (domestik), industri dan alam (tumbuhan). adapun menurut jenisnya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. sampah organik berasal dari sisa-sisa makhluk hidup, seperti dedaunan, bangkai binatang dan kertas. adapun sampah anorganik biasanya berasal dari limbah industri, seperti plastik, logam dan kaleng.
sampah organik pada umumnya mudah dihancurkan dan dibusukkan oleh mikroorganisme didalam tana. adapun sampah anorganik tidak mudah hancur sehigga dapat menurunkan kualitas tanah.

Pencemaran Udara
udara dikatakan tercemar jika udara mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. bentuk pencemar udara bermacam-macam, ada yang berbentuk gas (misal, karbon monoksida, senyawa belerag, nitrogen dan Chloroflourocarbon) dan ada yang berbentuk partiel cair atau padat (misal, kabut,  bakteri, spora, virus, serbuk sari atau serangga yang tela mati)

Daryato, Agus Suprihatin, 2013, Pengantar Pendidikan Ligkungan Hidup, Gava Media, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar